Selasa, 07 Oktober 2008

sekilas fundamental today,

Review

Perdagangan currency sampai penutupan pasar Amerika dolar dan yen menguat atau bisa dikatakan kontra carry trade pada awal perdagangan minggu ini sedang terjadi dimana mata uang yang mempunyai nilai suku bunga yang rendah sedang diburu investor karena bursa-bursa saham global berjatuhan dan bahkan ada yang ditutup untuk menghindari short selling lebih lanjut.

Outlook

Pergerakan mata uang utama hari ini berdasarkan data-data ekonomi adalah sebagai berikut, dari Jepang, Bank of Japan akan menentukan tingkat bunganya dan kemungkinan besar kali ini Masako Shirawakawa tidak akan merubah suku bunganya dari setengah persen tersebut karena pertumbuhan ekonomi sedang stagnan. Hal ini kemungkinan besar akan membuat yen akan menghadapi sedikit hambatan kembali. Namun kita bisa melihat masa depan dari perkembangan kebijakan moneter BoJ dalam konferensi pers yang akan berlangsung sesaat setelah mengumumkan tingkat bunga tersebut.

Dari Australia, Royal Bank of Australia juga melakukan meetingnya seperti BoJ, dan RBA kemungkinan besar akan memangkas suku bunganya secara agresif sebesar 50bps. Kemungkinan besar sikap dari investor keuangan akan bagus, karena bila bertahan di tingkat bunga yang tinggi, aussie gampang sekali di porakporandakan oleh yen dan dollar AS.

The cable atau poundsterling kemungkinan besar masih berada di area koreksinya terhadap mata uang utama dunia khususnya terhadap dollar karena data-data yang mendukung pertumbuhan ekonomi Inggris masih bisa dikatakan belum bersahabat dengan sterling.

Perlu dicermati pula pada malam hari hingga dini hari, kemungkinan besar verbal intervensi akan terjadi dimana chairman ECB Jean-Claude Trichet, anggota voting FOMC Gary Stern dan chairman the Federal Reserve Ben Bernanke masing-masing akan berbicara dalam forum yang terpisah. Apabila menyinggung masalah bailout atau suku bunga, maka biasanya pasar akan bergejolak cukup besar.

Perlu di cermati pula di dini hari nanti terdapat minutes of FOMC meeting, nuansa kental terhadap penguatan dollar akan terjadi pada waktu itu hingga pagi hari besoknya.

Tidak ada komentar: