Jumat, 17 Oktober 2008

sekilas fundamental

Pagi ini Dolar melemah atas mata uang lainnya menyusul kenaikan bursa saham AS, Wall Street tadi malam sehingg banyak investor membutuhkan likuiditas untuk measuk ke pasar modal.

Indek Nikkei menguat pagi ini mengikuti bursa AS, sekitar 2.6 percent pada awal perdagangan setelah sebelumnya sempat jatuh. Yen Jepang sendiri melemah atas Euro dan Dolar Australia akibat banyak investor melepas posisi di pasar uang dan memilih untuk di pasar modal. Carry trade mejadi pilihan investor saat ini mengingat suku bunga Jepang yang lebih rendah, sehinga dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga investasi.

Aksi beli Dolar mungkin akan mereda sementara, dimana jatuhnya suku bunga pinjaman antar bank akan membuat investor mengalihkan investasinya ke pasar modal daripada pasar uang, hal ini terlihat dari kenaikan indek bursa AS.

Yen sendiri berpotensi terkoreksi akibat kekhawatiran investor akan kemampuan perbankan dalam menanggulangi kekisruhan sistem keuangan saat ini. Data aktifitas bisnis dan penjualan perumahan semakin memperjelas arah resesi global saat ini.

Euro diperdagangkan naik 0.4 percent di 1.3505. terhadap Yen Jepang, Euro menguat 0.3 percent ke 137.15 sementara Dolar sendiri terhadap Yen Jepang cenderung flat di kisaran 101.60 yen setelah jatuh 101.12 yen.

hari ini jumat tidak ada data yg berpengaruh besar terhadap pergerakan harga,,,

Tidak ada komentar: