Selasa, 14 Oktober 2008

sekilas fundamental today

Pada perdagangan Selasa dini hari, Dolar AS terkoreksi setelah aksi penyelamatan globalmulai dijalankan untuk mengamankan sektor perbankan. Bantuan Bank-bank sentral tersebut membuat Dolar melemah.

Disisi lain, akibat aksi tersebut saham-saham mengalami penguatan yang signifikan bahkan Indek Dow Jones menguat diatas 900 points, atau 11 percent. Rally ini semakin meyakinkan pelaku pasar uang untuk mengambil resiko.

Euro diperdagangkan menguat $1.3517 dari sebelumnya di $1.3308. GBP menguat $1.7280 dari $1.6903, Dolar menguat atas Yen 101.27 Yen Jepang dari 100.15 yen.

Enam negara anggaota Uni Eropa termasuk Inggris, melakukan menyediakan $2 trillion untuk membantu sektor perbankan mereka.

Pemerintahan Bush akan menginvestasikan dana sekitar $125 miliar ke sembilan bank terbesar di AS, termasuk Citigroup Inc. dan Goldman Sachs Group Inc., ini merupakan upaya terbaru pemerintah untuk memicu keyakinan pada sistem keuangan.
Injeksi dana segar ini digunakan untuk membeli saham-saham dalam rangka membantu bank-bank bermasalah. Deratan perusahaan yang akan mendapat kucuran dana adalah; Wells Fargo & Co., JPMorgan Chase & Co., Bank of America Corp., Merrill Lynch & Co., Morgan Stanley, State Street Corp. dan Bank of New York Mellon Corp.

Ini adalah kabar baik yang sebaiknya memang terjadi sehingga pasar dapat mulai berfungsi kembali. "Bailout" ini penting sekali untuk dilakukan untuk memulihkan keyakinan investor, rekanan dan klien setelah macetnya pinjaman menyebabkan "writedown" lebih dari $635 miliar diseluruh industri.

Cerahnya prospek upaya pemerintah telah mengirimkan saham-saham menguat diseluruh dunia. The Standard & Poor's 500 Index rebound dari minggu terburuknya dalam 75 tahun terakhir, menguat 11,6%. Saham-saham Asia juga menguat, dimana Nikkei 225 melonjak 13,4%, paling tajam selama ini.

Kementrian keuangan rencananya akan menggunakan masing-masing $25 miliar untuk mengakuisisi saham Citigroup dan JPMorgan. Sisa $25 miliar lainnya akan dibagi antara Bank of America dan Merill yang bulan lalu sepakat dibeli oleh Bank of America. Wells Fargo akan mendapat paling kurang $20 miliar, Goldman dan Morgan Stanley akan mendapat masing-masing $10 miliar dan State Bank dan Bank of New York akan mendapat sekitar $3 miliar, masing-masing.

Tidak ada komentar: