Rabu, 17 September 2008

The fed akan pinjamkan $85 milyar kepada AIG

Dewan The Federal Reserves mengatakan the Fed cabang New York akan memberi pinjaman sampai $85 miliar kepada American International Group. Rencana ini ditujukan untuk menyelamatkan perusahaan asuransi itu dari kebangkrutan yang dapat menyebabkan kerusuhan ekonomi.
The Fed mengatakan, dalam pinjaman yang berjangka waktu dua tahun ini, pemerintah AS akan menerima equitas AIG (saham) sebesar 79,9% dan memiliki hak untuk memveto pembayaran deviden kepada pemegang saham tertentu yang telah ditentukan sebelumya, dan mendapat dukungan penuh dari departemen keuangan.
Dewan memutuskan, dalam situasi seperti ini, kegagalan AIG dapat menambah kerapuhan pasar keuangan dan akhirnya menyebabkan tingginya biaya pinjaman, menurunkan kesejahteraan rumah tangga dan secara pasti melemahkan performa ekonomi, berdasarkan pernyataan the Fed.
The Fed mengatakan pinjaman itu, yang dijamin oleh semua asset-asset AIG dan subsidiari non-regulasi lainnya ditujukan untuk membantu raksasa asuransi itu memenuhi kewajibannya karena mulai jatuh tempo.
Pinjaman itu sendiri diperkirakan akan dikembalikan dari penjualan aset-aset perusahaan itu. Sementara itu dalam pernyataan terpisah, menkeu AS, Henry Paulson mengatakan bahwa regulator keuangan AS dikerahkan untuk memulihkan stabilitas dipasar keuangan yang sempat anjlok.

Tidak ada komentar: