Kamis, 25 September 2008

update Sekilas tentang rilis fundamental

Presiden Bush mengingatkan warga Amerika dan para pemutus kebijakan yang tidak setuju dengan rencana bailout senilai $700 miliar agar segara meloloskannya karena jika tidak bertindak cepat maka akan mengancam tabungan pensiun, meningkatkan jumlah penyitaan rumah, kehilangan lapangan kerja, bangkrutnya usaha bahkan resesi berkepanjangan dan menyakitkan.
Peringatan tegasnya muncul tidak lama setelah presiden mengeluarkan undangan luar biasa kepada kandidat calon presiden Barack Obama dan John McCain, dimana salah satu dari mereka akan mewarisi kekacauan yang terjadi sejak empat bulan lalu, serta para pemimpin kongres ke rapat di Gedung Putih hari ini untuk merumuskan kompromi.

Dia mengatakan tanpa reaksi cepat dari kongres, rakyat Amerika akan terjerumus pada kepanikan keuangan dan skenario yang sangat buruk akan terjadi. Dia juga mengatakan akan menarik kebijakan-kebijakan yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi. Bush mengatakan rapat selama 12 menit di Gedung Putih diharapkan dapat membantunya meloloskan rencana bailout.

Secara eksplisit dia mengatakan, bahwa dirinya mendukung beberapa perubahan yang diminta baik dari pihak kiri maupun kanan.

Rencana bailout, yang diajukan pemerintahan Bush minggu lalu sempat mengalami perbincangan yang cukup alot dan disertai pesimisme sebelum akhirnya ditangguhkan. Usulan ini disambut sikap skeptis khususnya dari golongan konservatif dari partai Bush sendiri.

Walau ada kesepakatan umum sesuatu harus dilakukan untuk menyelesaikan krisis ekonomi, namun waktu dan besaran paket masih dipertanyakan dan pemerintah dipaksa menerima perubahan setiap hari.

Untuk meyakinkan pihak konservatif, Bush menegaskan dia tidak akan mempertaruhkan uang para pembayar pajak untuk membantu beberapa perusahaan yang dimasa lalu telah mengambil keputusan salah dan rencana penyelamatan ini tidak ditujukan untuk menyelamatkan perusahaan individu (beberapa orang).

Dia mencoba mengarahkan keluhan pihak demokrat dengan menjanjikan para CEO dari seluruh perusahaan yang anjlok tidak akan diberi penghargaan.

Ketika situasi semakin buruk setiap harinya, Bush dihadapkan pada pilihan; melaksanakan langkah dramatis atau mundur dan membiarkan tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab oleh beberapa pihak untuk mengatasi krisis.

tentang ekonomi inggris sekarang,,

Ekonomi Inggris melambat tajam dan akan mulai berkontraksi disemester kedua tahun ini atau awal 2009, berdasarkan keterangan salah satu anggota BOE Andrew Sentance.
Namun dia mengatakan bahwa pelemahan itu tidak akan bertahan lama selama resesi sebelumnya dan diperkirakan ekonomi akan pulih disemester kedua tahun ini.

Sentance mengatakan pergolakan di pasar keuangan baru-baru ini jelas-jelas berdampak negatif terhadap bisnis dan keyakinan konsumen. Dia juga mengegaskan bahwa sektor manufaktur berjuang, walau sterling jatuh tajam.

Semua bukti ini menunjukkan ekonomi akan mulai berkontraksi disemester kedua tahun ini atau awal 2009.

Akan tetapi dia optimis terseretnya ekonomi tidak akan separah sebelumnya dan diperkirakan dampai utama krisis kredit macet akan memudar tahun depan.

Prospek ekonomi Inggris saat ini sangat berbeda dengan resesi sebelumnya dipertengahan tahun 1970an, awal 1980an dan awal 1990an. Pada kesemua episod itu aktifitas ekonomi anjlok selama satu sampai dua tahun.

Tidak ada komentar: